Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut ini 7 menu takjil populer di dunia menurut National Geographic

Beberapa negara memiliki takjil tradisional yang merupakan favorit masyarakat. Menurut catatan National Geographic, ada 7 takjil populer di dunia, termasuk dari Indonesia!

Takjil atau hidangan untuk berbuka puasa biasanya makanan ringan dan manis. Setiap tempat memiliki takjil khusus yang berbeda.

Biasanya Takjil ini menjadi identitas suatu daerah ketika Ramadhan telah tiba. Kerumunan orang akan berburu menu taktil untuk disajikan saat berbuka puasa.

Tidak hanya di Indonesia, negara-negara lain juga memiliki menu-menu taktil khusus. Menurut catatan National Geographic, setidaknya ada 7 menu taktil yang populer di dunia.


Berikut adalah 7 menu taktil populer di dunia menurut National Geographic:



1. Shorbat Adas, Timur Tengah

Menjadi daerah yang penuh dengan banyak negara Islam, Timur Tengah tentu tidak pernah melewatkan bulan suci Ramadhan tanpa festival. Di negara-negara Timur Tengah, khususnya di Uni Emirat Arab, Yordania, dan Lebanon, ada menu khusus Takjil yang selalu disajikan di rumah-rumah Keluarga Muslim.

Dinamakan shorbat adas, hidangan ini terbuat dari lentil yang disajikan dengan keripik pitta. Lentil merah akan dimasak dengan kunyit, kayu manis, peterseli, dan lemon sampai wortel, bawang dan kentang ditambahkan untuk memberikan lebih banyak nutrisi sebagai makanan berbuka puasa.


2. Harira, Maroko

Mirip dengan cream soup, harira yang merupakan takjil khas Maroko biasanya dinikmati dengan beberapa kurma. Harira adalah kombinasi dari berbagai tanaman seperti lentil, kacang polong, bihun, tomat hingga berbagai daging hewan.

Dikatakan bahwa Harira juga merupakan takjil termudah untuk memenuhi selera masing-masing keluarga. Ada yang menggunakan Bihun atau nasi, tambahkan daging sapi atau domba, sampai biasanya juga dilengkapi dengan kue kering yang terbuat dari madu

3. Shami Kebab, India dan Pakistan

Olahan roti atau tortila yang diisi dengan daging memang begitu nikmat untuk dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Di India dan Pakistan ada jenis kebab yang disebut Shami kebab yang begitu khas dan identik dengan Bulan Ramadhan.

Jenis daging yang digunakan untuk Shami kebab menggunakan daging domba yang dikatakan teksturnya lebih empuk. Selain itu, jika kebab biasanya hanya dibungkus dengan kulit tortilla, daging pada Shami kebab akan ditutup dengan telur dan digoreng hingga renyah.


4. Thareed, Arab Saudi

Menjadi negara muslim yang didambakan di seluruh dunia, ada hidangan buka puasa yang unik dan populer di Arab Saudi. Mirip dengan guling Kambing, terbuat dari domba yang dimasak utuh dengan berbagai sayuran yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Menu buka puasa dikatakan sebagai salah satu yang paling populer Nabi Muhammad. Untuk membuat thareed ini, berbagai bahan pelengkap diperlukan seperti wortel, kentang, bawang merah, pasta bawang putih dan domba yang dimasak selama lebih dari satu jam memasak.


5. Samosa, Asia Selatan

Ada lumpia atau hidangan risol serupa yang berasal dari Kawasan Asia Selatan. Nama 'samosa' mungkin begitu akrab bahkan di Indonesia sekalipun. Samosa seperti camilan gurih renyah dan paling sempurna saat berbuka puasa.

Di Lahore, Pakistan, samosa sendiri dijual seperti makanan jalanan goreng yang dapat ditemukan di pasar takjil Sore Di Bulan Ramadhan. Sementara di Persia, samosa sebenarnya bisa disajikan dengan berbagai cara mulai dari digoreng hingga dipanggang.

6. Kunafa, Timur Tengah

Makanan penutup ini justru menjadi menu utama bagi banyak orang timur tengah ketika waktu berbuka puasa tiba. Kunafa atau yang juga dikenal dengan kunafe terbuat dari bagian yang renyah seperti pie dengan bagian lembut yang dilelehkan terbuat dari keju di bagian dalamnya.

Identik dengan budaya Timur Tengah, kunafa dijual oleh imigran dari timur tengah yang bermigrasi ke negara lain di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri juga dapat ditemukan beberapa tempat untuk membeli kunafa yang terkenal dengan lezatnya.


7. Kolak Pisang

Bagi masyarakat Indonesia, makanan manis selalu identik dengan menu takjil, mirip dengan negara lain. Kaya akan hasil bumi yang subur, biasanya makanan manis Di Indonesia berasal dari olahan tanaman.

Salah satunya adalah kolak pisang yang banyak menggunakan pisang di Indonesia dan bisa didapatkan dengan harga murah. campuran potongan pisang dengan gula merah dan santan ini seperti makanan khas Ramadhan yang tidak boleh absen saat berbuka puasa.