Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendaftar Kontributor Shutterstock, Jual foto di Shutterstock?

Gabung Kontributor Shutterstock

Daftar shutterstock -Menjadi Kontributor Shutterstock berlaku buat kamu yang ingin menjual foto agar bisa menghasilkan uang. Seperti yang sudah pernah kita bahas di postingan sebelumnya, Shutterstock adalah layanan penyedia foto dan ilustrator. Yang mana kamu dapat menjual foto di shutterstock dan membeli foto di shutterstcok.

Syarat pertama yang harus kamu penuhi ialah bergabung menjadi Kontributor Shutterstock. Selaku Kontributor, kamu di haruskan mengupload foto kamu sebanyak-banyaknya untuk memperoleh peluang terjualnya foto kamu. Tidak ada batasan maksimal saat kamu upload foto di situs Shutterstock.

Agar bisa bersaing di era digital, kamu harus menyesuaikan diri dengan mengikuti kemajuan teknologi yang sedang berkembang sekarang ini. Dengan memanfaatkan media internet, kamu dapat juga menjual Foto di internet dengan cara bergabung menjadi Kontributor. Memanfaatkan media internet sebagai peluang usaha sudah banyak di lakukan oleh banyak orang, so jangan sampe tertinggal.

Cara mendaftar menjadi Kontributor Shutterstock.

Pada kesempatan kali ini , kita akan membahas cara daftar shutterstock contributor shutterstock. Kamu bisa menggunakan media komputer atau Hp untuk registrasi di shutterstock.

Ini adalah kesempatan kamu untuk menghasilkan uang dari menjual foto di internet. Yang perlu kamu lakukan hanya mengupload foto sebanyak-banyaknya dan menunggu orang membeli foto kamu.

Perlu di perhatikan, mendaftar shuttersctock untuk menjadi kontributor berbeda dengan kamu membuat akun shutterstock sebagai pembeli.

Berikut langkah-langkahnya:

 

1. Kunjungi situs Pendaftaran Kontributor Shutterstock

Bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri menjadi kontributor Shutterstock silahkan kunjungi link di bawah ini:

https://submit.shutterstock.com/

Kamu bisa juga melakukan pendaftaran akun shutterstock kontributor melalui Ponsel kamu. Silahkan buka Google playstore dan Download aplikasi Shutterstock Kontributor.


2. Daftarkan Email dan data diri

Pada halaman awal shutterstock, kamu pilih menu "join Now" kemudian kamu akan di arahkan pada formulir pendaftaran " Join the comunity ..." 


Isikan identitas diri kamu di formulir pendaftaran, kemudian centang bahwa kamu sudah berusia lebih dari 18 Tahun.

Baca juga : Cara menjual foto di internet


3. Lakukan Verifikasi Email

Jika kamu sudah melengkapi formulir pendaftaran dan sudah menekan tombol next, link verifikasi akan di kirimkan ke email yang kamu cantumkan pada formulir pendaftaran di awal.


Alamat link verifikasi biasanya di tuliskan seperti ini "Please click here to verify your email".


4. Mengisi Identitas Diri

Setelah email terverifikasi, login pada akun kontributor shutterstock dan kamu akan di arahkan pada halaman seperti di bawah ini. Isikan identitas diri kamu  sesuai dengan Alamat rumah , kode pos , no telfon dan Nama identitas sebenarnya.


Pada tahap ini, kamu sebenernya sudah selesai mendaftar menjadi kontributor Shutterstock. Setelah kamu menekan tombol next kamu akan di minta untuk mengupload beberapa karya foto terbaik kamu. Yang nantinya foto tersebut akan menentukan kelayakan kamu untuk menjadi  kontributor di Shutterstock.


Tips Upload Foto agar di terima Kontributor Shutterstock.

Setelah semua persyaratan di atas sudah kamu isi. Hal terakhir yang di tunggu-tunggu ialah persetujuan dari pihak Shutterstock untuk menerima kamu sebagai kontributor.Biasanya dalam menunggu persetujuan ini di butuhkan waktu kurang lebih 2-3 minggu , bahkan paling lama bisa sampai dengan 1 bulan. 

Perlu di pastikan lagi pada saat kamu mengupload contoh foto yang nanti akan di nilai oleh tim Shutterstock, itu adalah foto terbaik kamu.

Berikut tips yang dapat saya sampaikan agar kamu lolos dan diterima menjadi kontributor Shutterstock.

Tips Pertama

Siapkan beberapa foto dengan ukuran lebih dari 4 Mb, persyaratan dari Shutterstock ukuran foto minimal sebesar 4 Mb. Jadi semakin besar ukuranya semakin bagus bukan.

Tips Kedua

Lakukan pengecekan foto terlebih dahulu, terutama pada fokus foto. Di usahakan tidak ada efek berbayang pada foto.

Tips Ketiga

Foto yang terlalu banyak melalui proses editing yang berlebihan tidak di sarankan. Pastikan foto kamu tidak terlalu mencolok.

Tips Ke Empat

Setelah kamu sudah menentukan foto yang akan kamu upload, isikan kata kunci yang tepat pada deskripsi dan kategori foto. 

 

Cara Upload Foto di Shutterstock dan Jual foto di Shutterstock?

Ini adalah langkah permulaan yang bagus, mengapa? Peluang menjual foto di situs online sangat besar. Hal ini berkaitan dengan sedikit orang yang tahu dan sedikitnya persaingan. Jual foto di shutterstock adalah langkah yang tepat. Kamu dapat memulainya dengan menggunakan Smartphone. 

Diatas kita sudah membahas bagaimna cara daftar menjadi contributor shutterstock sampai dengan tips agar di terima menjadi contributor shutterstock. 

Setelah semua proses tersebut sudah kamu lewati. Tahapan terarkhir ialah cara jual foto di shutterstock.

Note:Langkah di bawah ini saya mengunggah foto di shutterstock menggunakan HP.

 

Login Shutterstock

Login menggunakan akun kamu yang sudah di terima Shutterstock.

Uplod Images Shutterstock

Pilih start here atau select image from Gallery, kamu bisa memeilih beberapa foto sekaligus dalam sekali upload. Foto yang kamu unggah harus sudah memenuhi peryaratan upload foto dari shutterstock sebesar 4MB. Tips  tersebut sudah saya bagikan di atas.

Edit meta Data Shutterstock

Pada menu Submit konten, klik pada salah satu foto yang berhasil kamu upload. Disana tampil kolom yang harus kamu isi. Kolom tersebut berupa informasi meta data dan Deskripsi Foto.

  • Penulisan Deskripi

    Penulisan Deskripsi Harus menggunakan tata bahasa inggris. Maksimum menggunakan 200 karater.

  • Keywords

    Berisi kata kunci yang berkaitan dengan tema foto. Keywords harus kamu sesuaikan dengan tema foto yang di upload. Maksimum keyword di isi 50 kata.

  • Categories

    Pilih Kategori yang sesuai dengan tema foto kamu. Hal ini sangat memperngaruhi nilai foto kamu.

  • Additional info

    Editoral: Tema foto tidak bertujuan untuk menjual atau mempromosikan sebuah produk.

    Commercial: Bertujuan menjual dan mempromosikan Produk.

Submit

Semua Deskripsi di atas harus di isi dengan benar dan sesuai dengan Tema foto yang du upload. 

Langkah terakhir adalah Submit foto. Foto yan berhasil kamu submit dapat di lihat pada kolom pending. Pending Review biasanya memakan waktu paling lama sampai dengan lima hari kerja.

cara upload Foto yang benar di Shutterstock


Mungkin segitu saja yang dapat saya share. Semoga artikel ini membantu kamu yang ingin mendaftarkan diri sebagai kontributor Shutterstock.