Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jitu menghilangkan Dahak

Dahak adalah sejenis cairan badan yang tercipta di paru- paru serta saluran hidung dan tenggorokan. Hal ini paling sering terjadi ketika seseorang sedang sakit ataupun mengalami Flu.

Cairan badan membentuk lapisan pelindung di bagian tubuh tertentu, dalam hal apa pun, ketika seseorang sehat. Cairan tubuh menahan daerah ini agar tidak mengering dan membantu melindungi dari penyusup seperti virus, termasuk infeksi dan bakteri.

Badan sehat hanya memerlukan sedikit cairan terserbut, namun jika terlalu berlebihan akan sangat menggangu. Biasanya di sebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • terkontaminasi baketeri, semacam flu biasa atau influenza
  • hipersensitivitas
  • gangguan pada hidung, kerongkongan, ataupun paru- paru
  • keadaan terkait perut, semacam peradangan refluks gastroesofageal
  • meroko
  • penyakit paru- paru, seperti pneumonia, kerusakan sel di paru- paru, cystic fibrosis, atau infeksi saluran napas obstruktif.

Cara menghilangkan dahak dan lendir pada hidung

Lakukanlah kegiatan berikut untuk dapat mengurangi dan menghilangkan cairan pada hidung:

1. Jaga lingkungan agar tetap lembab. Hawa kering berpotensi rentan terhadap hidung serta kerongkongan, membuat cairan pada pada hidung menjadi banyak. Memasang ac dalam ruangan serta mengatur kelembaban ruangan bisa tingkatkan kualitas tidur yang lebih baik, dan melindungi hidung senantiasa bersih, serta menghindari kerongkongan yang teriritasi.

2. Minum banyak cairan. Tubuh tetap perlu terhidrasi untuk menjaga cairan dalam hidung tetap tipis. Ketika seseorang sedang mengalami flu, minum banyak cairan extra akan mengeluarkan ingus dan membantu ingus mengalir keluar. Contoh seperti minum air hangat saat flu.
3. Menjaga posisi kepala tetap terangkat Ketika terjadi penumpukan lendir pada hidung. Pada saat tidur usahakan agar posisi kepala tetap terangkat agar tifdak terjadi penumpukan pada belakang di bagian kepala tenggorokan, mungkin dengan menunmpuk beberapa bantal agar posisi kepala tetap terangkat.

4. Tidak menekan saat sedang batuk. Mungkin sering di lakukan menggunakan penekanan pada saat batuk berdahak. Minumlah sirup obat batuk untuk mengeluarkan dahak dengan cara natural.

5. Mengkonsumsi madu.
Tidak cuma rasanya yang lezat , madu bisa Kamu pakai buat menanggulangi dahak berlebih di dalam kerongkongan . Madu teruji efisien mengobati indikasi batuk serta radang kerongkongan yang dirasakan anak - anak bila dikonsumsi secara teratur . Madu sukses mempercepat pengobatan radang serta melenyapkan dahak .
Bila dahak sangat mengusik , Kamu bisa mencoba mengombinasikan madu ke dalam teh hangat . Gabungkan pula perasan lemon supaya rasanya lebih fresh . Tetapi , jangan berikan madu sebagai obat pengencer dahak pada anak di bawah umur satu tahun . Hal ini dapat membuat anak berisiko mengalami botulisme .

6. Pengencer dahak natural ini pasti sangat gampang untuk didapatkan. Tidak hanya sebagai rempah dasar masakan, jahe memanglah sering digunakan sebagai obat alternatif yang jitu untuk menanggulangi beberapa masalah kesehatan seperti perut kembung serta mual.
Metode menghilangkan dahak dengan memakai jahe dapat dicoba dengan menambahkan potongan jahe ke dalam minuman hangat semacam teh, susu, ataupun air hangat.